Lautan Menggunda 🌴Diambil dari kisah nyata akan hidup Seorang Palygirl



Berakir dengan sehelai kain

  Begitulah kisa cinta sepasang kekasih yang telah merajut jalinan kasih pada sabtu 3 november 2016 silam. Hubungan ini dibangun perlahan-lahan dengan 100 kenangan dalam 1000 kepahitan hidup. Jalinan cinta yang penuh problematika oleh kedua pasangan ini tapi tidak menyurutkan rasa sayang Agus Hartono kepada seorang gadis kelahiran 1992 itu yakni Aulia Martines. Ikun dalam bahasa daerah orang setempat adalah anak bungsu atau anak terakir dari beberapa saudara, Lia akrab disapa adalah seorang putri semata wayang yang dengan tekad kuat untuk menempuh pada sebuah perguruan tinggi Negeri di kupang yakni Politeknik Pertanian Negeri Kupang, namun apakah terlahir dari keluarga mampu atau berada? Jawabannya "tidak".

Latar belakang kehidupan Lia sangatlah berkekurangan sehingga disekitar tahun 2011-an gadis cantik ini memutuskan untuk marantau tanpa sepengetahuan keluarganya, semua ini dilakukannya ketika pamannya sedang tidak berada dirumah diambilnya ijasa SMA kemudian berpamitan pada salah seorang sanak rumahan itu dan saling berjanji untuk tidak memberitahukan kebenaran tersebut kepada siapapun. Setelah berpamitan Aulia melaju dengan bus propinsi menuju pelabuhan semuanya berjalan lancar, namun isak tangis tak terhentikan ketika berada dalam pelayaran disebabkan salah seorang keluarganya melontarkan kata kata kasar pada dirinya. 

Sesampainya di tanah rantau dunia kerja yang dihadapinya adalah sebagai kuli di salah satu perusahan kelapa sawit, setelah tiga hari bekerja Lia memutuskan untuk berhenti kerja dikarenakan sakit. Setelah kondisi tubuhnya membaik tak henti hentinya Lia untuk ingin bekerja pada sebuah kopersi mulia tani milik perusahan sawit tersebut, namun semua harapan baiknya berbalik arah ketika dirinya " digosipkan" berselingku dengan suami orang dan dia menerima kenyataan pahit semua itu dengan air mata. Namun semua itu belum berlalu, sayangnya semua tetap terulang ketika dirinya dipindahkerjakan pada salah seorang pekerja perusahan dengan pekerjaan Lia adalah Asisten Rumah Tangga (ART)  yang bertugas mencuci dan menjaga anak, semua tindak tanduknya dinilai baik namun pria berhidung belang  (Majikan) berani memperdaya namun Lia dibuat berhasil melarikan dirinya. Realita ini membuat Lia sangat ketakutan dan memutuskan untuk tinggal bersama salah satu keluarga atau sesepunya dan dirinya pun merasa aman dan tentram bersama keluarga tersebut.

Namun masi belum mau berhenti bekerja, kali ini dirinya bekerja pada salah satu perusahan tambang nikel ternama di sulawesi. Sekian lama ia bekerja namun tantang terbesar dalam hidupnya adalah jatuh sakit kangker, masa kritis ini membuatnya bersedih namun tak ada satu niat pun untuk berhenti dari perusahan tersebut, semua upaya dulakukannya demi kesembuhan  dan Puji Tuhan penyakitpun sirna.

Tak disangka gadis cantik ini mendapat suatu penghargaan terbaik dalam lomba merayariakan suatu kegiatan kerohanian dan dia juga di pertemukan denga artis cilik SOMBOLON KIDS. Suatu ketika dirinya berkenalan dengan seorang pria melalui akun facebooknya. Pria itu berinisial Geraldy Boston . Bersam pria tampan itu kisa asmara ini mulai di bangun hingga perjumpaan pertama mereka di kupang. Aulia memutuskan untuk bertemunya, sulawesi transit surabaya menuju kupang itulah perjuangan cintanya pada kekasinya gerald. Diketahui gerald pria yang baik dan memiliki integritas yang cukup baik. Banyak kisa terlewatkan namun semua ini harus berakir dengan air mata pada tepian tenda acara wisuda kekasinya lantasan kisa cinta mereka tak direstui oleh calon mertuanya, semuanya berakir.

Seiring berjalannya waktu Lia kembali merajut kasih dengan sorang pria bernama agus Hartono, perjalana cinta mereka berawal dari acara ulang tahun dirinya. Hubungan ini dibangun perlahan lahan dan agus mulai benar benar mencintai Lia begitupun sebaliknya sehingga agus mempertarukan segala galanya bagi gadis punyaannya  namun semua itu tak ada artinya bagi lia ketika agus memutuskan untuk mengadu nasib di tanah rantau dan bekerja pada sala satu perusahan bursa saham dan dikala itu lia bepergian tujuannya  berlibur pada suatu daerah yang destinisasi pariwisatanya cukup terkenal lembata namanya. Sesampainya disana dirinya bertemu dengan mantan kekasinya, gadis cantik ini  diajakak untuk berlibur seminggu di kampungnya. Sekembalinya  dari liburan lia memutuskan untuk mengakhiri hubungan cinta agus 3 tahunan yang dibagun bersama, segala upaya agus untuk merujuk kembali namun semua itu terus saja gagal lantasan apa yang membuat semua ini terjadi ternyata sehelai kain sarung sebagai cendramata dari mantan mertuanya membuat  Lia terbukang.Bagi budaya setempat cindramata ini merupakan Aulia Martines di minang atau direstui oleh keluarga mantan kekasinya sehingga agus hanya bisa terdiam dan merefleksikan lebaran kumuh yang perna digoresnya dan memutuskan untuk mengkilas pergikan diri sang kekasihnya. Kini lembaran lusuh nan kumal itu di tenggelamkan pada dasar lautan yang paling terdalam bersama bongkahan kekecewaan dan takan mungkin ditemukan kembali..

Balikpapan, 31 Desember 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RELASI IMAN DAN KEBUDAYAAN DALAM TERANG DOKUMEN KONSILI VATIKAN II GAUDIUM ET SPES ARTIKEL 57

MajasKu

grow old with you