LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN RAPAT UMUM ANGGOTA
LAPORAN
PERTANGUNGJAWABAN
BADAN
PENGURUS
KELOMPOK
STUDI MAHASISWA BIDIKMISI POLITANI NEGERI KUPANG
PERIODE
2017/2018
POLITEKNIK
PERTANIAN NEGERI KUPANG
KUPANG
2018
PIDATO
KETUA
UMUM
KELOMPOK
STUDI MAHASISWA BIDIKMISI (KSBM)
POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG
PERIODE 2017/2018
Salam
sejahtera, Assalamualaikum Wbr, …………………….
Yang saya hormati, Dewan Pimpinan Sidang Rapat Umum
Anggota dan yang saya banggakan forum rapat umum anggota.
Puji Tuhan dan restu Forum atas penyelenggarannya hingga dengan detik
ini kita masih dan tetap merajut kebersamaan dalam bingkai persaudaraan sejati,
olehya saya mengajak kita sekalian untuk mengucapkan syukur dan terimah kasih
atas nafas yang diberikan sehingga kita dapat melangsungkan Rapat Umum Anggota
KSMBMP Kupang yang bermartabat ini, dalam nuansa kebersamaan dan kekelurgaan.
Dikesempatan
yang bermartabat ini, ijinkan saya
selaku Ketua Umum Periode 2017/2018, untuk melaporkan Laporan
Pertanggungjawaban selama satu periode Kepengurusan.
I.
PENDAHULUAN
Detik demi detik merangkai menit, menit
berganti jam hingga merajut hari. Hari lepas hari mendulang bulan hingga
tibalah kita dipenghujung Kepengurusan, oleh rotasi waktu yang telah membawah
kita ke kuadran akhir Kepengurusan ini sekaligus membuka lembaran baru untuk
merenung, merefleksi dan menentukan langkah pijak selanjutnya dalam serangkaian
usaha serta kiat untuk membangun wadah kita tercinta ini. Kisah kemarin kini
terukir indah di sudut kanan atas jantung hati warga Bidikmisi sebagai pemilik
ini wadah, Cerita lalu yang tersimpan jelas dalam file kepala putra puteri
pemilik ini organiasai. namun realitas hari ini mengharuskan kita untuk menatap
kilas balik, mewajibkan anda dan saya kembali menengok lika liku perjalanan
yang penuh dengan kisah Sadis, Romantis untuk menyambut hari esok yang lebih cemerlang menuju tanah terjanji
seperti yang diharapkan bersama.
Dewan
Pimpinan Sidang dan Forum RUA yang saya hormati,
Kurang lebih pukul 20.30, tanggal 01
April 2016 silam, suatu penenantian akan
kelahiran pemimpin sebagai pemegang palu kebijakan di ini organisasi dalam
menahkodai Angkatan satu periode kepengurusan, dan ketika menerima tugas dan
tanggung jawab yang merupakan
kepercayaan Rapat Umum Anggota sebagai Mandataris/Formatur Terpilh/Ketua Umum
Periode 2017/2018, maka saat itu pula terlintas dalam benak kita semua tentang
wujud konkrit dari tanggung jawab itu sendiri. Sejak awal saya menyadari bahwa
sesunggujnya tugas mulia ini akan saya jalankan dengan penuh rasa tanggung
jawab dan keikhlasan penuh, untuk mengemban amanat forum tersebut, atas
dukungan dan kepercayaan yang dimandatkan teman-teman sekaian melalui forum
tertinggi Rapat Umum Anggota,, sehingga saya memaksimalkan tanggung jawab
dengan bergandengan tangan bersama pengurus, anggota, senior dan teman
konsultan serta pihak lainnya dalam rangka menjalankan roda organisasi ini,
Spirit ini kemudian menjadi pijakan untuk membawah KSBMP kearah yang lebih baik
dengan semangat solidaritas menuju perubahan dan pembaharuan organisasi, dan
dalam kebersamaan kita tersebut, saya menyadari bahwa dalam menakhodai dan
memegang palu kebijakan ini organisasi mungkin belum cukup bahkan masih sangat
jauh dari harapan untuk menggurat kenangan, merajut hari demi membangun
organisasi ini. Banyak kisah yang mungkin belum terjawab, Banyak cerita belum sempat terungkap, banyak
kenangan yang belum tercipta, tidak sedikit juga kegagalan, kekecewaan dan
pertentangan idealisme yang selalu menghiasi dinamika perjalanan organisasi
selama kepengurusan ini, walau tertoreh Kesuksesan yang membuat kita semua
tersenyum puas, namun rotasi waktu yang telah membawah kita ke akhir
kepengurusan ini untuk merefleksi dan merenung untuk lebih bijaksana memaknai
setiap derap langkah kita.
Dewan
Pimpinan Sidang dan Forum RUA yang saya segani..........
Hari
ini, di ini kesempatan, saya berdiri dihadapan forum RUA yang sangat berwibawah
ini, menuntut saya untuk secara terbuka melaporkan setiap tugas yang
diamanatkan kepada saya, akan kubentangkan sejuta fakta, akan kubeberkan segala
aktifitas secara transparasi karya selama satu periode berjalan untuk dapat
dievaluasi dan dikaji secara cermat, transparan, objektif sesuai kondisi dan
situasi sekarang ini bersamamu yang selalu berlandaskan pada konstitusi
organisasi.
II.
LAPORAN
KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN
Setelah
saya terpilih menjadi Mandataris/Formatur Terpilih/Ketua Umum Periode 2017/2018
tanggal 01 April 2016. Program-program yang dikerjakan sebagai berikut:
1.
Melaksanakan:
a.
pelatihan Penulisan teknik penulisan
Ilmiah dan analsis data statistik pada tanggal 25 November dan 02 Desember 2017
b.
Membngun kerja sama , baik internal,
maupun eksternal,
Internal
·
memediasi anggota bidikmisi untuk
menyikapi masala-masala administrasi
terhadap intitusi berjalan cukup optimal
Eksternal
·
membangun kerja sama dengan Kelompok bidikmsi perguruan tinggi negeri lainya, berjalan Cukup optimal
2.
membenahi segala hal yang berkaitan
dengan kesekretariatan,
1. Arsip (Surat Keputusan maupun Kwitansi registrasi )
·
membuat kalender kerja, tidak terlaksana Di
karenakan anggaran kegitana tidak ada
·
memperjuangkan UKM bidikmisi untuk diakomodirkan
dalam DIPA
·
merilis program kerja tahunan organisasi (PKTO)
sebanyak 6 jenis kegiatan yang siap di danahi DIPA Politani Negeri kupang.
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuaan
|
Harga Satuan (Rp)
|
Total
(Rp)
|
||
1.
|
Orientasi Mahasiswa Bidikmisi
|
|
|
|
|
||
|
1.HVS
2.Bahlio
3.Snack
|
1
1
200
|
Rim
Buah
Kotak
|
50.000
300.000
10.000
|
50.000
300.000
2.000.000
|
||
Jumlah
|
2.350.000
|
||||||
2.
|
Pelatihan Pengelolaan Buleting dan
Majalah
|
|
|
|
|
||
|
1.
HVS
|
1
|
Rim
|
50.000
|
50.000
|
||
|
2.
Bahlio
|
1
|
Buah
|
300.000
|
300.000
|
||
|
3.
Amplop
|
1
|
Dos
|
15.000
|
15.000
|
||
|
4.
Snack
|
100
|
Kotak
|
10.000
|
1.000.000
|
||
|
5.
Makan
|
100
|
Bungkus
|
15.000
|
1.500.000
|
||
|
6.
Jasa
Narasumber 1 Kegiatan
|
1
|
Orang
|
500.000
|
500.000
|
||
Jumlah
|
3.365.000
|
||||||
3.
|
Seminar dan Workshop
|
|
|
|
|
||
|
1.
HVS
|
1
|
Rim
|
50.000
|
50.000
|
||
|
2.
Bahlio
|
2
|
Buah
|
300.000
|
600.000
|
||
|
3.
Amplop
|
1
|
Dos
|
15.000
|
15.000
|
||
|
4.
Snack
|
800
|
Kotak
|
10.00
|
8.000.000
|
||
|
5.
Jasa
Narasumber 1 Kegiatan
|
2
|
Orang
|
800.000
|
1.600.000
|
||
Jumlah
|
10.265.000
|
||||||
4.
|
Participatory Rural Appraisal
|
|
|
|
|
||
|
Biaya Sebelum Kegiatan
|
|
|
|
|
||
|
1.
Transportasi survey
lokasi
|
3
|
Orang
|
200.000
|
600.000
|
||
|
2.
Pakaian kegiatan
|
204
|
Buah
|
150.000
|
30.600.000
|
||
|
3.
Spanduk kegiatan (1x5 m)
|
1
|
Buah
|
400.000
|
400.000
|
||
|
4.
ATK
|
100
|
Buah
|
15.000
|
1.500.000
|
||
|
5.
Tinta printer
|
2
|
Set
|
50.000
|
100.000
|
||
|
6.
Kertas HVS A4
|
4
|
Rim
|
50.000
|
200.000
|
||
|
7.
Spidol whiteboard
|
4
|
Lusin
|
50.000
|
200.000
|
||
|
8.
Lakban hitam
|
4
|
Buah
|
10.500
|
42.000
|
||
|
Jumlah A
|
33.642.000
|
|||||
|
Biaya Selama Kegiatan
|
|
|
|
|
||
|
1.
Nasi Ayam (214 x 4 kali makan )
|
856
|
Bks
|
15.000
|
12.840.000
|
||
|
2.
Snack
|
856
|
Kotak
|
8.000
|
6.848.000
|
||
|
3.
Aqua gelas
|
18
|
Dos
|
20.000
|
360.000
|
||
|
4.
Aqua botol
|
5
|
Dos
|
50.000
|
350.000
|
||
|
5.
Mie
|
9
|
Dos
|
80.000
|
720.000
|
||
|
6.
Fotocopy materi
|
3000
|
Lbr
|
150
|
450.000
|
||
|
7.
Baterai
|
9
|
Buah
|
8.000
|
72.000
|
||
|
8.
Transportasi ke lokasi
|
5
|
Bis
|
1.000.000
|
5.000.000
|
||
|
Jumlah B
|
26.640.000
|
|||||
|
Biaya Setelah Kegiatan
|
|
|
|
|
||
|
1.
Sertifikat
|
204
|
Lembar
|
7.000
|
1.428.000
|
||
|
2.
Jilid laporan
|
2
|
Buah
|
5.000
|
10.000
|
||
|
Jumlah C
|
1.438.000
|
|||||
|
Jumlah anggaran
Participatory Rural Appraisal
|
61.720.000
|
|||||
5.
|
Pengabdian
|
|
|
|
|
||
|
1.
Transportasi survey
lokasi
|
2
|
Orang
|
150.000
|
300.000
|
||
|
2.
Pakaian kegiatan
|
31
|
Buah
|
150.000
|
4.650.000
|
||
|
3.
Spanduk kegiatan (1x2m)
|
2
|
Buah
|
150.000
|
300.000
|
||
|
4.
Tinta printer
|
2
|
Set
|
50.000
|
100.000
|
||
|
5.
Kertas HVS A4
|
2
|
Rim
|
50.000
|
100.000
|
||
|
6.
Spidol whiteboard
|
12
|
Buah
|
10.000
|
120.000
|
||
|
7.
Lakban hitam
|
2
|
Buah
|
10.500
|
21.000
|
||
|
8.
Amplop
|
1
|
paket
|
75.000
|
75.000
|
||
Jumlah A
|
5.666.000
|
||||||
|
Biaya Selama Kegiatan
|
|
|
|
|
||
|
1.
Makan
|
204
|
Bungkus
|
15.000
|
4.500.000
|
||
|
2.
Aqua gelas
|
20
|
Dos
|
22.000
|
440.000
|
||
|
3.
Aqua botol
|
2
|
Dos
|
50.000
|
100.000
|
||
|
4.
Transportasi ke lokasi
|
3
|
Bis
|
1.200.000
|
3.600.000
|
||
|
5.
Honor Pendaping
|
3
|
orang
|
500.000
|
1.500.000
|
||
|
Jumlah
B
|
10.140.000
|
|||||
|
Biaya Setelah Kegiatan
|
|
|
|
|
||
|
1.
Sertifikat
|
204
|
Lembar
|
5.000
|
1.020.000
|
||
|
2.
Jilid laporan
|
2
|
Buah
|
5.000
|
10.000
|
||
|
3.
Honor panitia
|
10
|
orang
|
100.000
|
1.000.000
|
||
|
Jumlah
C
|
2.030.000
|
|||||
|
Total Anggaran Pengabdian
|
17.836.000
|
|||||
6.
|
Rapat
Umum Anggota (RUA)
|
|
|
|
|
||
|
1.
Nasi
|
390
|
Bungkus
|
15.000
|
5.850.0000
|
||
|
2.
Nasi Kotak
|
22
|
Kotak
|
25.000
|
550.000
|
||
|
3.
Snack 2 Kali
|
420
|
Kotak
|
5.000
|
2.100.000
|
||
|
4.
Aqua Botol
|
1
|
Dos
|
55.000
|
55.000
|
||
|
5.
Aqua Gelas
|
5
|
Dos
|
25.000
|
125.000
|
||
|
6.
Fotokopi Tatib
|
335
|
Lembar
|
300
|
100.500
|
||
|
7.
Fotokopi Agenda
|
335
|
Lembar
|
300
|
100.500
|
||
|
8.
Fotokopi Surat Suara
|
80
|
Lembar
|
300
|
24.000
|
||
|
9.
Fotokopi Mars Bidik Misi
|
100
|
Lembar
|
300
|
30.000
|
||
|
10.
Spidol
|
1
|
Buah
|
7.000
|
7.000
|
||
|
11.
Pena
|
10
|
Buah
|
2.500
|
25.000
|
||
|
12.
Id Card Panitia
|
10
|
Buah
|
5.000
|
50.000
|
||
|
13.
Bahlio
|
1
|
Buah
|
300.000
|
300.000
|
||
|
Jumlah
|
9.317.000
|
|||||
|
Total Anggaran
|
104.853.000
|
|||||
III.
Pengadan
Barang
No
|
Nama Barang
|
Harga
|
Sumber Dana
|
Keterangan
|
1.
|
Bendera Bidikmisi
|
250.000
|
Sisa Dana keg
|
Terselesaikan
|
2.
|
Bhlio
|
30.000
|
Sisa dana Keg
|
Terselesaikan
|
3.
|
ATK dan ADM
|
500.000
|
Sisa Dana Keg
|
Terselesaikan
|
Total
|
780.000
|
IV.
Perkembangan
Jumlah Penerima Bidikmisi
Memasuki
tahun 2015, Politeknik Pertanian Negeri Kupang telah merekrut penerima Beasiswa
Bidikmisi sebanyak 7 kali.
a.
Perekrutan I,
dilakukan pada tahun 201 0 dengan jumlah penerima 50 orang
b.
Perekrutan
II, dilakukan pada tahun 2011 dengan jumlah penerima 70 orang
c.
Perekrutan
III, dilakukan pada tahun 2012 dengan jumlah penerima 100 orang
d.
Perekrutan
IV, dilakukan pada tahun 2013 dengan jumlah penerima 100 orang
e.
Perekrutan V,
dilakukan pada tahun 2014 dengan jumlah penerima 150 orang
f.
Perekrutan
VI, dilakukan pada tahun 2015 dengan jumlah penerima 150 orang
g.
Perekrutan
VII, dilakukan pada tahun 2016 dengan jumlah penerima 133 orang
h.
Perekrutan
VIII, dilakukan pada tahun 2017 dengan jumlah penerima 204 orang
V.
KEARSIPAN
1.
Surat Keputusan 3 buah, yakni:
Nomor
Surat
|
Perihal/Tentang
|
No:
01/KEP.BP/ KSBM-PPPNK /XI/2017
|
Pembentukan Ketua Panitia
Kegiatan pelatihan teknik Penulisan dan anlisis data statistik.
|
No:02/KEP.BP/
KSBM-PPPNK /XII/2012
|
Pembubaran Panitia Kegiatan
pelatihan teknik Penulisan dan anlisis data statistik. Tidak terlaksana
|
No:03/KEP.BP/
KSBM-PPPNK/ IV/2011
|
Pembentukan Panitia Rapat Umum
Anggota
|
2.
Surat Keluar Mandataris/Formatur
Terpilih/Ketua Umum dan Surat Keluar Badan Pengurus berjumlah 3 buah, yakni:
Nomor Surat
|
Perihal
|
Tujuan
|
No: 01/ BP/KSBM-PPPNK/VI/2017
|
Undangan
|
Anggota bidikmisi
|
No:02/BP/ KSBM-PPPNK
A/XI/2017
|
Undangan
|
Ormawa Politani
Kupang
|
No:03/BP/ KSBM-PPPNK
A/VI/2018
|
Undangan
|
Ormawa Politani
Kupang
|
3.
Surat Masuk 18 buah yakni:
Asal
Institusi
|
Nomor
Surat
|
Perihal
|
Panlak Mapala
|
05/Panlak.MAPALA/PPNK/II/2018
|
Pelantikan pioner IV
|
Panlak MPM
|
006/Panlak-RUA/PPNK/IV/2018
|
Peminjaman Alat
|
Panlak MPM
|
003/Panlak-RUA/PPNK/IV/2018
|
RUA
|
BP MPM
|
018/MPM/PPNK/IV/2018
|
Undangan Sidang Pleno
|
Panlak PMK PPNK
|
No :017/BP-PMK
PPNK/2017
|
Undangan Natal
Bersama
|
Panlak HMJ Peternakan
|
No:
10/BP-NAK/PPNK/XII/2017
|
Undangan Ceremonial
Penutupan MABIM
|
Panlak IMMAPOL
|
026/PANLAK-PAB/IMMAPOL/XII/2017
|
Permohonan Penggunaan
Sound System
|
BP Majalah Kampus
|
02/BP-MK/PPNK/XI/2017
|
Undangan kegiatan
Pelatihan Jurnalistik
|
Panlak KMK PPNK
|
05/Panlak.MPAB/KMK.St.
MMD/PPNK/XI/2017
|
Undangan Ceremonial
Pembukaan MPAB
|
Panlak MAPALA
|
05/UKM-MAPALA/A/XI/2017
|
Undangan Pelantikan
Pioner III
|
BP KMK PPNK
|
001/Formatur/KMK.St. MMD/PPNK/V/2017
|
Undangan Pelantikan
BP KMK
|
BP MPM
|
06/MPM-PPNK/VI/2017
|
Undangan Diskusi Aksi
|
PMW PPNK
|
04/P-PMW/V/2017
|
Sosialisasi PMW
|
BP KMK PPNK
|
05/Panlak-RUA/KMK.Sta.MMD/PPNK/IV/2017
|
Undangan ceremonial pembukaan RUA
|
VI. KEUANGAN (terlampir)
VII.
IVENTARIS ORGANISASI: Terlampir
VIII.
PENUTUP
Dewan
Pimpinan Sidang dan Forum RUA yang saya hormati...............,
Setelah
forum terhormat mendengarkan dan mengikuti laporan pertanggungjawaban saya,
saya yakin dan percaya bahwa forum RUA tidak hanya mendengar dari laporan ini
tetapi telah pula melihat, mendengar dan merasakan selama setahun kepengurusan,
telah merasakan pula apa yang telah kita bersama kerjakan dan apa yang pernah badan pengurus
rencanakan serta janjikan yang tidak sempat kami lakukan yang terbaik dan tida
sempat kami persembahkan bagi organisasi
ini karena keterbatasan sebagai manusia biasa yang kami miliki.. Terungkap
dalam setahun kepengurusan ini, berbagai KELEMAHAN dan KEGAGALAN
yang cukup banyak mewarnai perjalanan organisasi ini kendati masih ada terselip
pula sebaris kata SUKSES yang boleh membesarkan hati kita.
Semuanya tidak terlepas dari sosok saya sebagai mandataris yang adalah manusia
biasa yang tak luput dari segalah keterbatasan dan kekurangan. Saya dengan jiwa
besar mengakui bahwa setahun itu pula saya pun masih mencari bentuk sebagai
bagian dari pawai panjang proses menemukan jati diri sebagai seorang pemimpin.
Untuk itu dengan jiwa besar saya dengan
tulus dan rendah hati memohon maaf kepada forum RUA, atas kegagalan sebagai
kesuksesan yang tertunda terhadap
beberapa kegiatan yang sudah dimandatkan kepada kami untuk
menjalankannya. Tak lupa pula saya dari hati yang terdalam menyatakan
permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Pengurus, segenap
anggota KSBM Politani Kupang, senior, Team Konsultan, Alumni, bapa ibu dosen
terkait jika dalam kebersamaan kita selama setahun, tersirat seribu satu ulah dan tingkah, tertoreh sejuta tindak tanduk yang tidak menyenangkan
hati. Pada kesempatan bermartabat ini pula saya atas nama badan pengurus
mengucapkan terima kasih yang berlimpah
kepada rekan-rekan Pengurus, segenap anggota KSBM, senior, team konsultan,
Alumni, bapak ibu dosen, dan semua pihak yang dengan caranya sendiri-sendiri
telah membantu, membimbing kami dalam satu periode kepengurusan baik secara
moril maupun materil.
Akhirnya
dari balik kejerniaan hati yang paling dalam, dan dari jiwa yang bening akan
kecintaanku pada-Mu semua, Kutitip salam Rindu-Ku dalam benang kasih
Persaudaraan; "Menggapai asa memutuskan rantai kemiskinan".
Sekian
dan terimah Kasih.................
Kupang,
09 Juni 2018
Mandataris/Formatur
Terpilih/Ketua Umum
Periode
2017/2018
ttd
Ketua
Komentar
Posting Komentar